Ini merupakan salah satu dari sekian banyak daftar software matematika yang sangat berguna dalam penyelesaian masalah matematis. Aplikasi ini dibuat oleh Microsoft pada tahun 2010 dan bisa diunduh secara gratis. Dengan aplikasi ini, kita bisa menyelesaikan soal-soal aritmetika (menentukan KPK, FPB, faktorial, dll), matriks, integral, diferensial, statistik, permutasi, kombinasi, persamaan, pertidaksamaan, model matematika, trigonometri, dan beberapa persoalan yang melibatkan rumus fisika dan kimia. Bisa dikatakan aplikasi ini untuk saat ini adalah aplikasi terlengkap yang sangat membantu pemecahan soal-soal matematika.

Spesifikasi komputer yang dibutuhkan:
  • Processor : Pentium 500 MHz or equivalent,  Pentium 1 GHz or equivalent recommended
  • Operating System : Microsoft Windows XP SP3 or later
  • RAM : 256 MB minimum, 512 MB recommended
  • Hard Drive : 65 MB free space
  • Graphics : VGA-capable or better video card with 800 x 600 resolution;  VGA-capable or better video card with 1024 x 768 resolution, recommended
  • Other requirements : .Net Framework 3.5 SP1 or above
Microsoft Mathematics adalah perangkat lunak sejenis kalkulator namun memiliki fitur yang lebih lengkap dan memiliki kemampuan untuk menjabarkan secara detail langkah demi langkah penyelesaian suatu persoalan dalam disiplin ilmu pasti, tidak hanya matematika namun untuk ilmu fisika dan kimia. Namun, penjabaran yang sangat detail hanya ditemui pada persoalan matematika. Salah satu keistimewaan program ini adalah disediakan secara gratis oleh Microsoft Corporation serta telah mendukung antar muka sistem operasi 32-bit dan 64-bit.
 
Soal-soal matematika yang dapat diselesaikan oleh alat ini meliputi pra-aljabar, aljabar, trigonometri dan kalkulus. Dan tentu saja tidak berhenti sampai disitu, aplikasi buatan microsoft ini juga dapat menyelesaikan soal-soal fisika bahkan kimia dilengkapi dengan fitur grafik. Bisa juga mengkonversi dari satu sistem unit yang lain, mengevaluasi segitiga, dan juga memecahkan sistem persamaan.
 
Jika tidak disalahgunakan, Microsoft Mathematics fungsinya sangat luar biasa. Satu set aplikasi matematika ini dapat membantu kita jika tidak mengerti bagaimana cara memecahkan suatu soal yang rumit. Setelah soal tersebut kita tulis, kita dapat mengerti penyelesaiannya dan siswa dapat memahami konsep-konsep dalam mengerjakan soal tersebut, jadi tidak perlu lagi mencari guru privat ataupun bimbingan belajar yang notabene mengeluarkan lebih banyak dana. Mungkin, bagi para guru atau dosen juga perlu untuk memiliki aplikasi ini untuk diterapkan pada saat proses belajar mengajar dikelas demi kemajuan pendidikan indonesia kedepannya.
Microsoft Mathematics dapat mengerjakan berbagai fungsi matematika, seperti:
  1. Melakukan penghitungan matematika standard seperti akar dan logaritma
  2. Menyelesaikan operasi persamaan dan juga pertidaksamaan
  3. Menyelesaikan aturan segitiga
  4. Melakukan konversi dari suatu satuan ke bentuk satuan lain
  5. Melakukan penghitungan trigonometri, seperti sinus, atau cosinus.
  6. Operasi matriks dan vektor
  7. Statistika dasar
  8. Operasi kompleks
  9. Menggambar grafik 2D maupun 3D dalam diagram kartesius
  10. Operasi turunan, integral, dan limit
  11. Menyelesaikan rumus-rumus dan persamaan umum
Microsoft Mathematics sangatlah luas fungsinya untuk operasi-operasi persoalan matematika. Dengan begitu sangat banyak keuntngan yang di dapat dari aplikasi tersebut. Bagi orang-orang yang kesusahan dalam pemecahan persoalan kalkulus, aljabar, matematika diskrit, geometri dll, aplikasi ini sangat berguna sekali. Terlepas dari itu semua, aplikasi ini hanya bisa digunakan jika pengguna juga menguasai akan penggunaan dan pengoperasian aplikasi tersebut. Tanpa adanya pengetahuan tentang cara penggunaan aplikasi tersebut, maka pengguna juga tidak dapat mengoptimalkan fungsi dari Microsoft Mathematic 4.0 ini dengan sempurna.

Ini adalah contoh tampilan dari Microsoft Mathematics 4.0:
Software tersebut di atas dapat langsung Anda unduh di sini: Microsoft Mathematics 4.0 (64 bit) atau Microsoft Mathematics 4.0 (32 bit)

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga bermanfaat...

Sumber : 

  1. http://fardian-imam.blogspot.co.id/p/blog-page_28.html
  2. http://yusufmustafaofficial.blogspot.co.id/2012/12/penggunaan-teknologi-informasi-di.html
Gurumatik SMA

GURUMATIK SMA

Penulis : M. Faisal Noviadi, S.Pd.

Blog ini sebagai media informasi tentang Matematika SMA yang meliputi perangkat pembelajaran, materi, kumpulan soal, software matematika serta ada juga administrasi guru, TIK, dan lain-lainnya. Terimakasih sudah berkunjung.

Berikan Komentar:

0 comments: