Saat ini sudah banyak berkembang era ICT (Information and Communication Technology) yang merambah dunia pendidikan. Seiring dengan itu, banyak software yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran di kelas khususnya untuk mata pelajaran matematika. Selain dari pembahasan sebelumnya tentang software matematika yaitu Microsoft Mathematic 4.0, ada lagi aplikasi matematika dengan fungsi membantu dalam penulisan bahan ajar dan kehebatannya juga dapat digunakan sebagai alat bantu untuk  menyelesaikan soal. Software tersebut diberi nama GeoGebra. GeoGebra sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa (saat panduan ini ditulis sudah 52 bahasa) termasuk Bahasa Indonesia

Geogebra adalah software matematika gratis dan dinamis yang menggabungkan geometri, aljabar dan kalkulus dapat   digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika. Software ini dikembangkan untuk proses belajar mengajar matematika di sekolah oleh Markus Hohenwarter di Universitas Florida Atlantic.

Di satu sisi, GeoGebra adalah sistem geometri dinamik. Anda dapat melakukan konstruksi dengan titik, vektor, ruas garis, garis, irisan kerucut, begitu juga dengan fungsi, dan mengubah hasil konstruksi selanjutnya.

Selain itu, GeoGebra adalah sebuah software yang sangat membantu guru matematika dan siswa dalam mengerjakan soal yang berkaitan dengan geometri, aljabar, tabel, grafik, statistika dan kalkulus sehingga menjadi lebih mudah dengan menggunakan software ini.

GeoGebra dapat diunduh melalui situs resminya : www.geogebra.org, atau unduh langsung disini.
Gurumatik SMA

GURUMATIK SMA

Penulis : M. Faisal Noviadi, S.Pd.

Blog ini sebagai media informasi tentang Matematika SMA yang meliputi perangkat pembelajaran, materi, kumpulan soal, software matematika serta ada juga administrasi guru, TIK, dan lain-lainnya. Terimakasih sudah berkunjung.

Berikan Komentar:

0 comments: