Di zaman sekarang teknologi terus berkembang, ada banyak aplikasi yang bisa membantu belajar matematika. Sekarang dengan mengandalkan Microsoft Word saja, kita sudah bisa belajar matematika lebih mudah. Sebenarnya Microsoft Word telah menyediakan tool matematika berupa Equation Editor yang dapat membantu dalam mengetikkan rumus atau persamaan matematika. Namun persamaan matematika tersebut bersifat statis dalam artian tidak dapat melakukan perhitungan secara otomatis seperti di Excel yang dapat menghasilkan jawaban atau solusi. Tapi dengan sedikit tambahan, berupa menu bar add-in di Microsoft Word, yaitu suatu program tambahan berukuran kecil yang biasa disematkan pada program induk dan diberi nama Microsoft Mathematics Add-in.

Dengan Microsoft Mathematics Add-in, kita bisa menulis rumus matematika sekaligus dapat melakukan mencari solusi persamaannya. Operasi matematika yang dapat diselesaikan bisa lebih kompleks daripada sekedar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat saja, tentu hal ini akan sangat membantu dalam proses belajar. Langkah yang harus dilakukan untuk mengaktifkan add-in ini sebagai berikut:
 
> Pertama
Unduh instalan Microsoft Mathematics Add-In for Word disini.

>> Kedua
Setelah selesai diinstal di komputer maka akan muncul menu Mathematics pada menu bar Microsoft Word, seperti pada gambar di bawah ini.

Agar bisa menghitung solusi rumus matematika tersebut maka gunakan template yang tersedia di equation (Built in Equation), selanjutnya ubah variabelnya sesuai dengan koefisien/variabel yang ingin dicari. 


Contoh:
Rumus luas lingkaran
  (baca: A sama dengan phi dikali r pangkat dua)
Selanjutnya ubah variabel r menjadi 6, kemudian klik tombol segitiga kecil pada Compute dan klik Solve for A, diperoleh hasilnya yaitu . Perhatikan gambar di bawah ini.

Adapun contoh lain misalkan Anda ingin mengetahui akar-akar penyelesaian dari persamaan kuadrat   maka hasilnya adalah  x = -3 or x = -2.

Keterangan Gambar Sesuai Urutan Nomor, sebagai berikut:

1. Klik notasi maka kemudian akan muncul kotak equation editor;
2. Kemudian ketik persamaan kuadrat yang ingin di cari akar-akarnya, misalnya
; 
3. Setelah itu baru arahkan kursor ke segitiga kecil pada Compute;
4. Pilih Solve for x;
5. Soal terselesaikan dengan jawaban x = -3 or x = -2.


Selamat bereksplorasi dengan berbagai soal lainnya.

Semoga bermanfaat untuk kita semua.
Terimakasih sudah mau berkunjung.

Special Thanks to:

http://fardian-imam.blogspot.co.id
http://aantomatika.blogspot.co.id
http://latex.codecogs.com

  
Gurumatik SMA

GURUMATIK SMA

Penulis : M. Faisal Noviadi, S.Pd.

Blog ini sebagai media informasi tentang Matematika SMA yang meliputi perangkat pembelajaran, materi, kumpulan soal, software matematika serta ada juga administrasi guru, TIK, dan lain-lainnya. Terimakasih sudah berkunjung.

Berikan Komentar:

0 comments: