Dari pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan  selanjutnya diturunkan ke dalam strategi pembelajaran. Strategi dalam kegiatan pembelajaran dapat diartikan dalam pengertian secara sempit dan pengertian secara luas. Dalam pengertian sempit bahwa istilah strategi itu sama dengan pengertian metodeyaitu sama-sama merupakan cara dalam rangka pencapaian tujuan.
Ayo Belajar
Dalam pengertian luas sebagaimana dikemukakan Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) mengemukakan empat unsur strategi dari setiap usaha, yaitu:

  1. Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan
    sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera
    masyarakat yang memerlukannya.
  2. Mempertimbangkan dan memilih jalan pendekatan utama(basic way) yang paling
    efektif untuk mencapai sasaran.
  3. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah (steps) yang akan dtempuh
    sejak titik awal sampai dengan sasaran.
  4. Mempertimbangkan dan menetapkan tolok ukur (criteria) dan patokan ukuran (standard) untuk mengukur dan menilai taraf keberhasilan (achievement) usaha.
Jika kita terapkan dalam konteks pembelajaran, keempat unsur tersebut adalah:

  1. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil
    perilaku dan pribadi peserta didik.
  2. Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang
    paling efektif.
  3. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan
    teknik pembelajaran.
  4. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan
    ukuran baku keberhasilan.
Sementara itu, Kemp (Wina Sanjaya, 2008) mengemukakan bahwa strategi pembelajaran  adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa  agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Selanjutnya, dengan  mengutip pemikiran J. R David, Wina Sanjaya (2008) menyebutkan bahwa dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan. Artinya,bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran.
Dilihat dari strateginya, pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian pula, yaitu: 
(1)  exposition-discovery learningdan 
(2)  group-individual learning (Rowntree dalam Wina Sanjaya, 2008). 

Ditinjau dari  cara penyajian dan cara pengolahannya, strategi pembelajaran dapat dibedakan antara strategi pembelajaran  induktif dan strategi pembelajaran deduktif.

Sumber:


  • Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses  Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media
  • Abin Syamsuddin Makmun. (2003).  Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya Remaja.
  • http://www.rumahbelajar.web.id/pengertian-strategi-pembelajaran/
Gurumatik SMA

GURUMATIK SMA

Penulis : M. Faisal Noviadi, S.Pd.

Blog ini sebagai media informasi tentang Matematika SMA yang meliputi perangkat pembelajaran, materi, kumpulan soal, software matematika serta ada juga administrasi guru, TIK, dan lain-lainnya. Terimakasih sudah berkunjung.

Berikan Komentar:

0 comments: