Tidak terasa perjalanan peserta didik kelas 12 Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat sudah mendekati akhirnya. Menempuh pendidikan selama 3 tahun berseragam putih abu-abu dengan berbagai ranah ilmu telah mereka terima dari sang guru. Tibalah waktu menjelang Ujian Nasional (UN) sebagai pembuktian bagaimana ilmu yang selama ini diterima, diamalkan dan dikuasai sebaik mungkin dapat diaplikasikan dalam menghadapi ujian bertaraf nasional ini.
BSNP
Sumber Foto: https://zulmasri.files.wordpress.com/2012/01/bsnp1.jpg
Sebuah angin segar dapat dirasakan calon lulusan tahun pelajaran 2015/2016 melalui pernyataan resmi Mendikbud Anies Baswedan bahwa Ujian Nasional bukanlah lagi sebagai penentu utama kelulusan dan bahkan ada ujian perbaikan bagi siswa yang nilainya tidak mencapai standar nasional yaitu 5,5 per mata pelajaran UN antara lain Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiolosi, Geografi, Ekonomi, Fisika, Kimia dan Biologi. Sebagai Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang menjadi penanggung jawab pelaksanaan UN berkoordinasi bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan beberapa informasi penting untuk diketahui para pendidik dan peserta didik se-Indonesia.

Diantara informasi penting yang sudah Saya saring melalui situs resmi BSNP yaitu www.bsnp-indonesia.org untuk SMA sederajat antara lain Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0035/P/BSNP/IX/2015 tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0034/P/BSNP/XII/2015 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016 dan Kisi-Kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Teologi Kristen/Sekolah Menengah Agama Katolik Tahun Pelajaran 2015/2016. Berikut ini link unduhan yang sudah Saya siapkan untuk mendapatkan informasi tersebut.
  1. Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  2. Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016
  3. Kisi-Kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Teologi Kristen/Sekolah Menengah Agama Katolik Tahun Pelajaran 2015/2016
  4. Analisis kisi-kisi UN siswa kelas 12 IPA (Tim Penyusun MGMP Matematika Kab. HSU) --> [Tambahan]
  5. Analisis kisi-kisi UN siswa kelas 12 IPS (Tim Penyusun MGMP Matematika Kab. HSU) --> [Tambahan]
Gurumatik SMA

GURUMATIK SMA

Penulis : M. Faisal Noviadi, S.Pd.

Blog ini sebagai media informasi tentang Matematika SMA yang meliputi perangkat pembelajaran, materi, kumpulan soal, software matematika serta ada juga administrasi guru, TIK, dan lain-lainnya. Terimakasih sudah berkunjung.

Berikan Komentar:

0 comments: